Search

Tuesday, August 16, 2011

Tim Anonymous Akan Membobol Facebook

Pada tanggal 5 November 2011 akan menjadi momen bagi facebook, karna pada hari itu jejaring sosial yang memang sedang melejit ini akan mendapat gempuran dari peretas yang menamakan diri mereka “anonymous”.

Para hacker (peretas) yang tergabung dalam kelompok “Anonymous” menyerukan kepada seluruh pemilik akun Facebook untuk menutup akun mereka pada 5 November mendatang. Alasannya, Anonymous akan menyerang dan ‘menghancurkan’ situs jejaring sosial milik Mark Zuckerberg pada hari itu.

Anonymous merupakan kelompok peretas yang menyebar melalui Internet secara sembunyi-sembunyi. Grup ini pertama kali berdiri pada tahun 2003 dengan nama 4chan. Namun ia beru dikenal luas pada akhir tahun 2006.

Beberapa serangan yang telah dilakukan Anonymous di antaranya membobol akun berbagai bank, Pentagon, dan News Corp. Tahun lalu, kelompok ini menyerang paypai, MasterCard, dan Visa karena telah membekukan rekening Wikileaks.

Menurut kelompok peretas pendukung Wikileaks itu, mereka telah bertekad untuk menjatuhkan pamor Facebook karena telah melanggar privasi penggunanya. Menurut Anonymous, Facebook telah menjual informasi kepada badan-badan pemerintah dan memberikan akses rahasia untuk perusahaan keamanan informasi sehingga mereka dapat memata-matai setiap orang di seluruh dunia.

Anonymous memilih tanggal 5 November untuk menjalankan misi ‘Operation Facebook’ karena pada hari itu terjadi peristiwa ketika Guy Fawkes mencoba meledakkan gedung parlemen pada tahun 1605.

“Suatu hari nanti Anda semua akan menyadari apa yang kami lakukan adalah langkah yang tepat dan Anda akan berterima kasih,” katanya. “Kami justru menyelamatkan Anda.”

Anonymous mengklaim bahwa sebaik apapun pengaturan privasi yang dilakukan di Facebook, hal tersebut tidak terlalu menolong karena tidak ada yang pribadi di Facebook. Menurut Anonymous, Facebook mengetahui penggunanya lebih baik daripada keluarga pengguna Facebook itu sendiri. Lebih jauh Anonymous mengatakan jika seorang menghapus akunnya di Facebook, sebenarnya akun tersebut tidak terhapus, semua informasi pribadi tetap ada di situs Facebook dan sewaktu-waktu dapat dipulihkan kembali. Anonymous memberikan target waktu sampai dengan 5 November 2011 bagi pengguna Facebook untuk berpikir dan menyelamatkan data-data mereka.

Ancaman untuk menyerang Facebook dari grup Hacker terkenal merupakan ancaman pertama kali yang diterima Facebook, paling tidak dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini. Facebook yang kini beranggotakan lebih dari 750 juta orang memang target yang sangat empuk. Melihat alasan yang digunakan oleh Anonymous, yaitu privasi yang tidak ada di Facebook, saya rasa ini alasan yang cukup tepat. Sudah bukan cerita baru bahwa keamanan dan privasi pengguna di Facebook sangat rendah. Namun, pertanyaannya, seberapa penting alasan ini bagi Anonymous sehingga mereka berketetapan untuk melumpuhkan situs Facebook.

Meskipun begitu, masih banyak kalangan yang meragukan kebenaran akan ancaman ini, seperti yang di ungkapkan Gizmodo

“Anonymous is a mindset not a group. Mindsets do not have leaders. With any given operation there are always some who agree and some who disagree. With opFaceBook specifically there are those that agree and those that disagree. Annoymous allows each person individually to vote on each operation, a yes vote means they participate, a no vote means they do not. Anyone is allowed to create an op and if others vote yes it will get traction and something may be accomplished.”

Ada beberapa alasan lain yang dilontarkan oleh beberapa kalangan mengenai penyerangan yang akan di lakukan tim ini kepada facebook. mungkin saja ada beberapa orang dari tim anonymous yang memang akan meretas jejaring sosial ini, namun tidak keseluruhan dari tim anonymous itu sendiri.

Sumber:Buyung

0 komentar:

Post a Comment

Google +